The Truth About "Teknologi Bioproses UI"



Holaaaa, yep akhir nya gue balik dengan kabar gembira untuk kita semua. YESH, gue anak UI di fakultas teknik :3 Teknik people. Gue masuk ke jurusan Teknologi Bioproses. Gue udah ngelewatin yang namanya MADK dan serangkaian acara - acara kamaba yang melelahkan selama 1 bulan. Eitz, belum selesai. Gue sekarang lagi ngejalanin yang namanya Masa Bimbingan which is butuh banyak kerelaan buat mendekatkan diri dengan lingkungan kampus, entah itu lingkungan kakak kelas, angkatan, PKM ato apalah banyak.

Jadi gue bakal langsung ngasih tau nancep ke intinya (tugas gue manggil - manggil soalnya). Sebelom gue masuk Bioproses, banyak banget artikel yang gue baca dan gue bener - bener nemuin kebenaran seutuhnya pas di mata kuliah Pengantar Teknologi Bioproses yang diajarin sama salah satu dosen inspiratif yaitu Pak Misri. Beliau juga nerbitin buku tentang Bioproses juga. Buat yang penasaran sama seluk beluk Biop boleh dah tu di beli bukunya. Jadi, Teknologi Bioproses (TB) itu sebenernya gak belajar tentang teknologi suatu bioproses. Kita masuk ke Fakultas Teknik, bukan FMIPA ato yang lainnya karena memang kita belajar ke-teknik-an nya bukan teknologi nya. Terus apa bedanya Teknik Bioproses yang ada di Unbraw sama Teknologi Bioproses di UI? Harusnya sama. Cuman kalo masalah matkul kan emang dari Univ nya punya matkul sendiri. Cuman kalo Teknik Biop Unbraw itu dimasukin di Teknologi Pertanian kalo di UI itu masuk Fakultas Teknik. Sama SITH ITB juga harusnya mirip. Jadi kalian tinggal pilih aja dan jangan lupa liat matkulnya ya :)

Awalnya, Teknologi Bioproses UI itu namanya mau Rekayasa Bioproses karena dosen - dosen kita menganut aliran Eropa gitu. Rekayasa Bioproses itu sebenernya sama bahasanya kayak Teknik Bioproses tapi gue juga gatau kenapa yang diusulin bukan Teknik Bioproses. Ntar gue coba kepo-in lagi wkwkkwkwk Nah tapi, si Rekayasa ini akhirnya gak di pake karena beberapa hal, lalu lahirlah Teknologi Bioproses. Nama yang paling beda di antara gengs Tekniknya :D

Buat yang bingung sama Teknologi Bioproses UI sama Unbraw sans aja. Sama aja kok dasarnya. Sama - sama teknik belajarnya cuman nama nya aja yang berbeda dan mungkin base yang di pake beda. Unbraw masuk ke teknologi pertanian dan mungkin bioproses mereka fokus ke pertanian. Kalo di UI sendiri, lo bisa masuk ke energi terbarukan, pangan, kosmetik dan biomedis. Biop nya UI itu sodaraan sama Teknik Kimia. Jadi pas lo Ospek ato apalah lo bakalan sama Teknik Kimia mulu dan kalo disatuin namanya jadi Departemen Teknik Kimia.

Sekarang gue mau bahas bedanya Tekkim sama Biop. Beda? Pasti, Tapi di awal - awal kita merasakan kepaitan yang sama :D Awal - awal matkulnya sama bahkan bisa kelasnya bareng. Mungkin yang paling keliatan beda itu di tingkat akhir kali ya, kalo Biop ntar belajarnya proses kimia yang ada di dalam makhluk hidup nah kalo tekkim ya itu kimia. Anak tekkim bisa ngambil Biop seiring perhelatan di dunia kuliah, anak biop juga. Kita berdua sama - sama entar jadi process engineer, sama - sama bikin reaktor, sama - sama berduit nanti nya XD

Masalah keren - kerenan nama? Ya ga perlu lah ya. Teknologi Bioproses emang belum hitz karena di Indonesia emang dikit. Tapi di luar negeri? Bioproses bener - bener dibutuhin dan Indonesia sebenernya bener - bener butuh sarjana Bioproses. Why? Indonesia itu kaya sama hal - hal yang hayati - hayati tapi masih sedikit yang bisa ngembangin. Oke, Indonesia punya banyak ahli biologi ato peneliti - peneliti  jago. Tapi siapa yang produksi dalam skala besar supaya kebutuhan terpenuhi? Engineer bro! Kita butuh engineer yang bisa manfaatin kekayaan di Indo. Ujung - ujungnya, kita juga yang bakal bangun Indo :) Being an open minded person itu emang susah esp realita anak - anak Indo yang kebanyakan tau nya jurusan itu itu aja. Banyak universitas di Indo yang nyediain beragam jurusan. Di Indo belum berkembang? Sans aja :) Kalo lu bagus, ntar juga ada jalan sukses.

Sekian. Kalo ada saran bisa kasih comment yak.

Komentar

  1. Berarti sekarang udah tahun ke 2 ya kak? Sharing pengalaman lagi dong kak, aku pengen banget ni masuk Teknologi Bioproses UI 2019 hehehe

    BalasHapus
  2. Share pengalaman masuk lewat jalur apa ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kakak saya masuk lewat jalur SBMPTN dan baru saja lulus tahun ini 2020

      Hapus
  3. makasihh kak, jadi tambah yakin :)

    BalasHapus
  4. hi kak terimakasih sudah sharing tentang Teknologi Bioproses UI!<3
    doain ya kak semoga tahun 2022 nanti aku jadi Maba Teknologi Bioproses UI!:))

    BalasHapus
  5. berarti tahun ini sudah lulus dan bekerja?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer