Maba's Life Pt. 1



Okey, kali ini gue mau share tentang hidup gue sebagai maba di UI. Gue sekedar mau share aja sih soal nya dulu pas gue cari info, blog - blog itu bener - bener ngebantu gue buat punya gambaran gimana hidup gue nantinya.

Step 1 : Nerima Pengumuman
Okey habis lo nerima pengumuman, ada baiknya lo langsung cari kos entah di internet (mamikos) ato lewat tante ato lebih bagus lagi tanya - tanya sama senior lo yang udah di UI. Fyi, UI gede banget. Jangan sampe salah daerah kosan karena lo bisa - bisa kejauan pulang pergi nya. Terus lo langsung buka ato cari grup angkatan. Lo cari di facebook ato di web fakultas yang lo masukin tentang grup maba. Biasanya bakalan ada tuh. Ohya, cek jadwal kalian cek kesehatan dan daftar ulang ya. Buat daftar ulang, kalo bisa kalian dateng pagi biar bisa dapet nomor urut yang awal - awal.


Step 2 : Mengejar Jakun
Ini nih, waktunya lo bolak - balik Balairung UI buat ngejar jakun. Entah itu latian padus ato ada acara - acara lainnya yang emang dirancang sama UI. Ada juga acara yang gak di Balairung, OBM namanya. Itu semacam pengenalan buat sistem lo belajar. Ini sans kok. Terus ada namanya OKK. Ini biasanya ngedatengin orang - orang keren buat jadi motivator kalian buat awal - awal kuliah. Pas gue sih yang dateng itu Najwa, Anies Baswedan, sama Wempy. Itu yang gue inget sih. Ada banyak. Terus selama OKK ini bakalan ada yang namanya mentoring jadi ya gitu. Buat OKK ini kalian harus pinter - pinter cari info di semua media social. Biasanya OKK ada kayak ask.fm gitu nah disitu kalian bakalan dapet info tentang baju dan lain - lain. Lo harus mau ngasih waktu buat mentoring blablabla. Terus nanti  ada kayak pengenalan sama UKM - UKM di UI. Nah sistemnya itu, setiap acara ini bakalan ada kartu gitu nah tugas lo itu ngumpulin kartu buat nanti bakalan dituker sama jakun. Kalo ga full kartunya, tergantung fakultasnya. Ada yang gapapa kalo kartunya ga penuh dan mungkin ada yang bakal nahan jakun lo kalo kartu lo ga full.

Step 3 : MADK (Masa Adaptasi Dunia Kampus) --> Buat FT
Sebutan MADK biasanya PSAF (tingkat fakultas) dan PSAD (tingkat departemen). Nah kalo disini, kalian bakalan ketemu pertama sama dunia fakultas kalian. Bener - bener kenalan sama temen seangkatan yang sejurusan lah ya. Ini masa - masa bareng - bareng sebagai maba lah ya pokoknya. Tiap tahun durasi MADK ini beda - beda si. Tapi kalo gue kebetulan ga sampe 1 minggu. Kalian bakalan ketemu manusia - manusia lucu bin ajaib lah ya wkwkkwk Terus dikenalin sama di Teknik pelajarannya gimana yaa gitu - gitu lah. Sans aja. Ga ada plonco - plonco :) Disini waktunya lo siap pulang malem, capek, dan bener - bener harus maintain makan kalian supaya ga sembarangan. MADK berfaedah banget buat kehidupan kalian selama di kampus karena bakalan dikasih gambaran kehidupan lu di FT itu gimana.

Step 4 : Masa Bimbingan
Nah disini kalian bakalan dibimbing lagi tapi sambil kalian kuliah. Tergantung fakultas sih masa bimbingannya gimana. Mabim ini ga terlalu intens kayak MADK jadi ya gitu. Durasi nya mungkin lebih lama dari biasanya. Tapi sans~ Jalanin aja dengan happy. Tapi nurut saran gue, sebagai awal untuk jadi mahasiswa yang kritis, ya kalian liat aja dulu acara yang dibuat. Kalo nurut kalian bakalan ganggu akademis banget nget nget, ya lepas aja. Karena pas mabim bakalan banyak godaan buat ikutan kepanitiaan ini itu dan lalalalala. Jaga kesehatan jangan lupa yaaa! Mulai belajar tentuin skala prioritas dan ngatur waktu gitu ya.

Udah segitu aja ya gambaran kalo kalian mau masuk UI. Bisa tanya - tanya sama gue kalo mau nanya lewat comment. Bakalan gue jawab kok :) Next part ntar ya tunggu gue ada waktu wkwkkwkw bye~

Komentar

  1. gak terasa ya, pas kelas 2 Sma baca blogmu ( kebetulan kita 1 angkatan ) membayangkan gimana sekolah di sekolah homogen, keseruan2 yg kamu ceritakan dengan gaya bahasamu yg lucu itu, eh skarang udh, kuliah aja ya hehe, semoga kita bisa bertemu suatu hari nanti, dan berkenalan sambil sharing cerita2 keren,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer