Solid

Hi everyone. Welcome to my blog yang isinya mostly cuman curhatan tapi ada setitik harapan kalo curhatan gue berguna. Setitik aja. Oke, kali ini gue akan bahas kata – kata solid. Kata ini lagi seneng banget di umbar – umbar di lingkungan gue. Karena gue anak teknik kali ya. Senior gue pernah bilang kalo buat anak teknik, solid itu harga mati dan gue setuju se-setuju setujunya. Tapi, ada sesuatu yang menggelitik gue ketika lingkungan gue mau berproses buat mewujudkan solid dan baru – baru ini gue sadar ternyata definisi solid buat gue dan buat mereka ternyata sangat berbeda. Mungkin karena ilmu gue yang masih dangkal dan hal – hal lain. Jadi harap maklum kalo pengertian gue ini masih dangkal banget menurut kalian. Di sini gue cuman mau curhat :D


Sedikit cerita tentang apa yang gue amatin dari lingkungan gue, solid yang mereka maksud adalah solid dimana kita mengedepankan kumpul angkatan for some activities yang katanya bikin refreshing. Solid adalah ketika  kita bisa ngumpul untuk memuaskan ekspektasi dan target yang ditetapkan. Solid yang mereka maksud adalah mengesampingkan aspek – aspek kehidupan orang yang lebih penting (termasuk akademis) untuk memenuhi proyek demi mencapai solid yang mereka inginkan. Oke sekian arti solid yang gue tangkep dari apa yang telah terjadi di lingkungan gue.

Mereka sibuk mengejar ke-solid-an itu tanpa tau sebagian besar teman – teman mereka mengejar ekspektasi dari orang yang lebih penting. Mereka terlalu sibuk untuk sekedar bertanya, “Kenapa?” pada orang – orang yang kata gaulnya itu “Matil”. Mereka terlalu sibuk dengan menekan orang – orang lain tanpa tau kalau itu menimbulkan konflik demi memenuhi ekspektasi orang. Lalu sempat terucap dari salah satu teman gue yang gue tangkap, kalau ga ikut acara “kebersamaan” mereka, kita gabisa sukses. Gue cuman bisa tertawa. Pertama gue jelasin dulu kenapa gue nulisnya “Kebersamaan”. Alesannya simple, karena emang ga ada kebersamaan yang utuh di dalam acara kebersamaan itu. Gue sendiri ngerasain. Kalo lu gabisa survive buat komunikasi sama kubu – kubu tertentu, yaudah lu di cuekin. Tapi mereka yang punya definisi solid yang beda sama gue, kadang ga mau rendah hati buat saling bertukar pikiran sama orang – orang yang gagal survive ini. Trust me, gue orang yang susah berkomunikasi. Tapi gue selalu paksa diri gue buat keluar dari dunia gue dan mencoba buat komunikasi sama teman – teman berkarakter lain. Tapi jujur, ada saatnya gue cape dan cuman butuh bareng – bareng sama temen yang satu karakter sama gue. Oke gue lanjutin dari “kebersamaan” di atas. Kedua yang bikin gue ketawa dari omongan temen gue itu adalah definisi sukses seseorang itu beda – beda. Gatau apa dia sukses buat gue itu lulus, dapet pacar sepadan dan makmur, nikah, punya anak? (wkwkkwkw becanda gengs) eh ini bukan waktu becanda. Sorisori. Ketiga, dia bisa ga jamin gue sukses kalo gue ikut acara dia? Wkwkwkwk mungkin dia gak maksud membuat gue tersungging dengan kata – katanya tapi dari dia gue belajar buat ngerit sedikit bacotan gue.

Jujur aja, jiwa gue itu jiwa – jiwa pemberontak jadi maap – maap aja. Gue terbuka banget sama advice (moga – moga) kalo emang advice nya ga kuno. Solid nurut gue sendiri adalah ketika kita mau rendah hati buat baur sama teman – teman yang lain. Siap ngedengerin alesan, nyelesein sama – sama, bertukar pikiran selama itu rasional, saling menghormati, gak awkward pas lagi bareng – bareng, kalo ngumpul itu gak tegang dan gak terlihat batasnya satu sama lain, dan selalu bertanya “kenapa?” sebelum bacot di depan. Solid itu ketika apa yang dibicarakan di dalam, disepakati terlebih dahulu baru bocor keluar. Bukan untuk menutup adanya saran yang masuk atau menolak adanya perhatian dan sikap care dari orang luar, tapi sekedar membangun kepercayaan akan mulut teman – teman satu perjuangan. Solid nurut gue juga adalah berani melawan arus sebagai satu kesatuan kalau memang itu dibutuhkan.

Sori kalo bacot gue terlalu banyak karena bayangan gue tentang kehidupan yang gue jalani sekarang benar – benar beda dengan impian gue dulu. Dari postingan ini gue juga sadar bahasa gua agak muter - muter soalnya postingan ini 2 hari gue buat. Sekian curhatan gue ya. Wait for my next posting. XOXO

Komentar

Postingan Populer