Pemikiran 00.00



Hello fellas, balik lagi ke blog gue yang isinya cuman curhatan dodol. Tapi ini beneran gue pikirin tengah malem sebelum tidur. Karen ague gatel banget mau nulisin semua uneg – uneg gue yang mungkin di butuhkan orang. Entah. Mungkin tulisan gue bisa menjadi bentuk pembelaan diri gue, alesan gue atau mungkin aja ini malah insight yang agak wise *inginberteriakrasanya*
Mungkin langsung aja. Tiba – tiba gue mengingat kejadian dimana mulut gue dengan lancangnya bilang,
                “Sori kak, jujur gue ga cocok dengan cara pembinaan kaya gini.” Ya intinya itulah yang gue lontarkan buat di denger 1 ruangan kelas. Anggap aja ini kejadiannya pas gue lagi orientasi (LAH, EMANG BENER PAS ORIENTASI!). Maapin mulut gue yang sebenernya bisa bertingkah kaya gini karena jiwa gue yang gabisa di atur.

Alesan gue ngomong kaya gini (bukan ngeles loh, emang setiap tindakan harus ada alasan) adalah gue ga suka di suruh pulang malem cuman buat kumpul – kumpul. Mungkin alesannya internal bonding sama temen – temen yang lain. Tapi gue nganggep ga faedah kaya gitu dipaksain (ANSOS LU). Maapin yak. Karena nurut gue itu semua proses. Di suruh solid di awal (ehem, d paksa) dengan berbagai macam aturan dan trigger – trigger dan segala macem wejangan – wejangan (yang gue bener – bener dengerin paling 20%). Gue gak tau gimana ceritanya, gue ngerasa dari “pihak gue” nanggepin trigger para kakak kelas ini agak ekstrim. “Pihak gue” ini malah mengucilkan yang gak suka  ikut begituan, ngata – ngatain secara frontal di grup (which is sangat gak kayak anak kuliah makanya gue bodo amat). Ciyaaa gimana mau solid yak kalo udah sakit ati duluan. Gue kayaknya termasuk barisan sakit ati deh *cuih*Jujur aja gue bukan anak malem. Untung aja emak bapak gue gak tinggal di tempat gue menimba ilmu sekarang. Suatu keajaiban gue bisa balik jam 8 ke rumah. Gue gak suka pulang malem buat sesuatu yang gak special. Keseringan pulang malem bikin  badan eyke lunglai cyin. Gue gak bisa menempatkan diri gue dan menganggap diri gue kayak kawan sejawat gue yang lain. Mereka mungkin bisa pulang malem, udah biasa mungkin, gak usah nyuci sendiri, gak usah beresin kamar sendiri (karena emak bisa dateng tiap minggu), gak usah masak sendiri (karena beli makan terus di kantin). Tapi gue gak bisa kayak gitu. Gue gak bisa ngabisin waktu tiap hari cuman buat menumbuhkan “ikatan” dengan banyak orang. Karena emang tujuan hidup gue gak gitu. Jalan hidup yang gue pilih gak gitu. Karena banyak yang harus gue urus (termasuk diri gue sendiri) selain hal – hal gitu. Ansos ye, maapin.

Sesungguhnya gue gak ansos (padahal gue sendiri gak tau arti ansos sesungguhnya apaan). Gue mau bergaul dengan mereka tapi gue ngerasa karena jiwa – jiwa berontak gue yang gak mau ikut – ikutan hal – hal universitasiawi (apasih) ini, orang – orang jadi menyalahkan pribadi – pribadi macem – macem gue. Yah banyaklah buktinya. Cya gmana mo solid ya pak .-. Dats another point. Mungkin gue yang ga terlalu cocok jadi nax enjinering yang solid sampe mati. Tapi sori cyin, eyke barisan sakit hati. Gue gak mau menghabiskan energi gue yang gue simpen buat nyuci piring cuman buat hal – hal yang gak cocok sama apa yang mau gue dapet. Mungkin point yang lain karena mereka punya cara bergaul yang gak bisa gue ikutin sih .-. Ya balik – balik ke lifestyle yang nongkrong, main ampe malem, rapat ampe mampos, belajar ramay ramay ampe malem gitugitu (gue cuman bisa belajar sendiri fyi tidak bisa ramay2)

Jujur gue sangat – sangat meresapi materi pembinaan yang gue terima dari cerdas dan lalala. Jujur aja dari situ juga gue di sadarkan supaya gue gak usah ngabis – ngabisin waktu buat hal – hal yang JAUH DI BAWAH PRIORITAS GUE XD Mungkin harusnya gue disadarkan supaya lebih giat membantu teman – teman sejawat. Tapi gue malah di sadarkan ke hal yang lain (geblek).
Di satu sisi gue sangat sadar mereka membuat segala sistem ini karena segala macem alasan positif dan keadaan. Kenapa malem? Karena gak ada waktu lagi. Kenapa di “kerasin”? Supaya tangguh bozqu. Ya tep ae kadang “kerasin” nya agak gak logis dan gak cocok sama akal jiwa gue (what?!). Ya kayaknya gue bisa nulis buku lama – lama kalo ngejelasi detail. Jadi gue fine – fine aja ketika ada satu kaka kelas bilang

                “Gue ngerasa sistem pembinaan ini sudah sangat bagus. Kalo kalian gak cocok ya kalian harus refleksi diri kalian sendiri kenapa gitu” (ya itu lah intinya)

CYA, gue udah refleksi dulu kak (bukan pijet ye) makanya gue berani ngomong gitu. Ya di situ gue ngerasa mereka seperti memperlakukan gue sebagai otak kosong .-. Emang semua newbie kalo ngomong kaga mikir apa yak. Gue bahkan mempertimbangkan dan merecall semua hasil tanya – tanya gue dengan orang – orang sampe dapet konklusi kaya gitu. Nurut gue juga gue sebagai WNI boleh dong menyatakan pendapat gue. Tapi yah, gak ada satupun yang nanyain gue “kenapa?” WKWKWK ngarep bet lu sar. Kaga ngarep si.
Lalu beberapa lama kemudian ada lagi seorang kakak kelas yang intinya bilang (maap yak kalo yang ini gue gak dateng dan memilih untuk ke kegiatan yang lain karena sudah gue duga bakalan di angry angryin),

                “Kalo gak mau diginiin, yaudah kupu kupu aja (kuliah – pulang kuliah – pulang)”
                Terus yang ini gue gak tau intinya dia bilang kayak “pihak gue” seolah ingin mengatur “pihak atas”

The other side, gue mikir. Apakah jadi mahasiswa yang gak ikut kegiatan di kampus itu otomatis nerd yang langsung pulang abis kelas? Apakah jadi mahasiswa yang gak ikut kegiatan kampus itu otomatis gak bakal sukses? Gak bakal punya temen? Apakah gak wajar bagi seorang mahasiswa untuk menjauhi lingkungan yang malah nurut dia negative? Gue sih gak mau pede kalo kampus gue membawa lingkungan positif bagi semua orang dan semua orang yang aktif di dalamnya bakalan jadi sukses. OW, AGAIN. Sukses itu relative (emang cantik doang yang relatif). Mungkin sistem pembinaan di tempat gue menimba ilmu  itu semata – mata menjadi orang jadi CEO, pebisnis sukses, enjiner sukses. Tapi no! Itu bukan proses menuju kesuksesan yang mau gue jalanin. Banyak orang yang sering pulang malem (bahkan gak pulang ke rumah) cuman buat menyukseskan acara kampus ato sekedar hang out untuk nambah relasi ato mungkin mengambil hati “pihak atas”. Tapi no no no. Itu bukan proses yang mau gue jalani. Emak gue bilang, budaya kaya gitu adalah budaya – budaya orang workaholic. Gue akhirnya mencoba menempatkan diri gue jadi orang tua. Anak gue balik malem, kaga balik, nelpon jarang, duit abis banyak, rajin juga kaga, mandiri juga kaga (GUE DULU SEMPET GINI TERHADAP KOSAN GUE HAHA). Gue sedih. Itu titik balik gue. Gue sempat terjerumus ke sini dan mungkin masih terjerumus. Tapi gue sudah mulai gak naro hati gue di situ. Meskipun gue tinggal di apartemen sendiri, tapi gue ngerasain “Hommy” di studio gue yang sumpek itu. Sejak itu gue gak mau repot – repot cape di luar buat hal – hal yang nurut gue gak membangun gue dan gue gak perlu – perlu amat di situ. Gue juga tidak ingin menjelek – jelekkan teman – teman sejawat gue yang punya lifestyle kayak gitu. Karena mereka nyaman disitu dan emang itu jalan yang mereka pilih. Yang gue sayangkan adalah, mereka, mereka nganggep lifestyle mereka itu paling benar, sesuai, baik adanya dan paling bisa bikin mereka suxes.

Terus pemikiran gue tentang yang pihak bawah mengatur pihak atas. Nurut gue di jaman modern kaya gini (Gausa jaman modern, jaman baholak juga), pihak atas gak bakal 100% benar dan ada saatnya untuk merendahkan hati buat dengerin pihak bawah. Renungan gue juga kalo gue di atas. Mungkin aja buku yang pihak bawah baca lebih banyak dari buku yang pihak atas baca. Mungkin aja pihak bawah pernah bertemu sama 1000 Mario Teguh versi dulu dari pada pihak atas yang cuman pernah baca buku Mario Teguh. Gue gak ngerti, tapi ini mungkin kebiasaan sekolah di Indonesia yang senioritasnya masih agak kentel kaya dikasih maizena. Teus, gue sadar, hal – hal senioritas ini lebih condong tujuannya hanya membangun satu pihak, yaitu pihak bawah. Sedangkan pihak atas, cuman kaya ngabisin energi doang karena dedikasinya yang besar pada dunia ini (pandangan kegoblogan gue). Ato pihak atas tujuannya mau membuat kloningan dirinya sendiri. Hem, mungkin gue salah. Cya, anggap aja pemikiran orang ngantuk.  Gue sangat mengerti dunia ideal buat semua orang itu hampir impossible buat diciptakan. Tapi gak ada salahnya sih nurut gue untuk tidak memaksakan dunia yang kita ciptakan untuk sesuai dengan setiap orang yang mencoba bertandang. Tapi membuat dunia itu bebas dimasukin siapa aja bukan sesuatu yang mustahil.

Ya again, pesan buat kalian yang mungkin merasa berbeban berat karena baru masuk lingkungan yang agak tough, jangan takut buat bersuara. Sistem bakalan berubah kalo banyak yang bersuara. Ya kalo ada duri dalam daging di kelompok kalian yauds mo gimans. Pasrah aja. Tapi jangan takut bersuara. Jangan takut menjadi beda juga. Mungkin kamu bakalan sendirian, kesepian, tapi kalo itu emang agak gak logis, bakalan ada yang nemenin kalian. Ya kalo ga ada yang nemenin, baru dah tuh REFLEKSI (pijet maksudnya pijet). Buat yang baca (emang ada? HAHA), tunjukan toleransi kalian (ceritanya promosi keragaman budaya indonesia). Ya saling mengerti ae la. Kalo lu sakit, yang ngurusin pihak yang sama tingkat kok. Pihak atas mungkin peduli nya 20-50% (ya ini perumpamaan, silahkan dikembangkan sendiri).

See you di pemikiran malam gue yang lain! 
[Pardon my auto correct]

Komentar

Postingan Populer