Jasmine in My Childhood Memories

 Quick writing!

Jadi tiba-tiba aku inget waktu kecil suka metik bunga melati sama Mama. Dulu kita punya tanaman melati (lupa deh di depan atau di belakang rumah), tapi yang jelas melati yang sudah mekar kita petik terus kita taro di semacam asbak gitu tapi dari kayu. Asbak kecil yang kayanya beli dari Danau Toba tapi jujur udah lupa. Kayanya sih masih ada. Aku dulu suka banget nyium wangi nya melati. Mama yang nunjukin pertama kali kalau melati itu wangi. Terus dulu aku suka dimarahin juga kalau metikin melati yang masih kuncup. Padahal melati yang kuncup juga udah wangi sih. Tapi tetep, yang boleh dipetik cuman yang udah bener-bener mekar. Asbak yang isinya melati biasanya kita taro di ruang tamu and I would be so proud of my 'harvest' padahal baunya ga semerbak. Harus bener-bener di sniff dulu asbaknya baru kecium bau melatinya.

So for me, jasmine brings back beautiful childhood memories of mine.

Melati juga ada korelasinya dengan Ompung (re: Oppung, but I usually just write and spell it Opung) Doli dari Mama. Jadi, dulu rumah Opung pas aku kecil penuh sama rumput, pohon kedondong, pohon-pohon buah yang gede (jambu, mangga), pohon cemara (ini khas banget karena tiap natal we could decorate a real pine tree), dan semacam batu-batu step gitu yang bisa buat main loncat-loncat lol Ada juga batu dekoratif gitu di dinding sama buat duduk. Nah, rumput-rumput ini dan beberapa tanaman ini seinget aku akhirnya diganti jadi ladang melati wkwkwkwk Jadi rumah Opung wangi melati 24/7. Kayak sewangi itu. Baru turun dari mobil, wangi melatinya semerbak.

Opung biasanya siang-siang udah keluar buat ngurusin melati-melatinya. Buat nyabut-nyabutin rumputnya. Nah melati-melati ini nantinya dijual tuh. Hasil penjualannya seinget ku lumayan sih buat Opung dan Opung juga jadi aktif banget kan setiap hari. Tapi sayangnya, aku gak pernah bantuin Opung buat ngurus melati-melati ini. Itu penyesalan ku sih. Karena setelah Opung Doli meninggal, melati-melatinya udah gak ada lagi dan diganti dengan yang lain. So that's it.

Mungkin karena memori yang ada di otak ku menyenangkan banget sama melati, aku gak bisa resonate sama beberapa orang yang nganggep melati itu seram. I correlate jasmine with good memories only and the memories are so strong. Dimana pun aku berada, kalau nyium bau melati ya gak takut. Mungkin karena aku bukan tipe yang "mengaminkan" superstition seperti itu kali ya jadi walaupun orang sekitar ku ngomong ABCDEFG tentang bau melati, ya aku biasa aja.

But! I hate jasmine tea and jasmine smelled perfume lol Jujur not my style. Jasmine tea gak bikin relax sama sekali dan jasmine smelled perfume biasanya strong banget baunya dan beda dari melati yang gue tau baunya. So, those kind of fragrance is no no for me.

OK that's it. I said quick writing but I spent 1 hour to write this. Productive healing time <3 Tak apa lah.

 See you next time Blog-eu!

Komentar

Postingan Populer