Maba's Life Part 2

Okey posting ini mungkin agak sedikit lambat ya untuk gue post karena bayangin yang part 1 kayak udah berdebu. Btw gue ngomong ini kayak blog gue banyak yang baca ae. Gue bener - bener nulis ini tanpa mikirin reputasi gue wakakkkaka (reputasi jidad lu). Oke gue sebenernya nulis ini agak telat karena gue bakalan masuk semester 3 tapi ada beberapa hal yang bakalan lu alamin sebagai maba semester 2. tulisan kali ini bakalan lebih general gak kayak part 1 yang spesifik ke UI.

Pertama, lu bakalan galau. Kenapa galau? Gue sih ngalamin yang namanya kesulitan banget sama beberapa matkul dan membuat gue memutuskan untuk pindah jurusan. Bukan berarti gue gak merasa bersyukur dengan apa yang gue alamin. Tapi yaudah anggap ae gue egois (take it simple la). Keinginan ini bertambah gara - gara banyak temen lu yang lebih berani buat pindah jurusan. Bertambah juga dengan lingkungan (?) yang tidak mendukung lu untuk survive ato bisa juga lu di bayang - bayangi dengan cita - cita lu yang lama. Di sini lu punya beberapa option. Ninggalin sepenuhnya kuliah lu dan fokus ke tes yang akan datang, ikut tes dengan modal luck, ato berusaha ngebalance semuanya ato bisa juga gak usah ikut organisasi di kuliah lu dan fokus belajar buat next test.  Yep ini yang gue alamin. Option ini yang muncul di otak gue beberapa saat. Tapi option yang gue pilih? Rahasiyaaaaaaaaaa.

Next, lo bakal ngalamin peer group yang sangat amat erat wwkkwkw.. Tergantung sih. Di masa - masa maba ini kemungkinan lu bakal nemuin secara natural orang - orang yang bener - bener support lu dan lagi masa - masa panas tai**k ayam buat hang out atau sekedar nunjukin betapa kompaknya kalian. Ya bahasa gue ribet bat. Tapi gak menutup kemungkinan lu bakalan nemuin temen - temen sepenanggungan gak pas maba. Pinter - pinter mencari teman aja sih nurut gue. Gak usah maksain diri lu buat masuk ke peer group yang nurut lo kece. Sesuaikan teman dengan diri kalian. Gue yakin semua orang bisa dapet temen yang baik (YASH!).

LANJOT. Lo bakalan punya desire untuk mengikuti semua hal di kampus entah itu organisasi ato kepanitiaan. Lo bakalan kaya craving buat ngikutin itu smua. Gue bakalan ngasih positif negatifnya sih. Positif kalo lo ikut banyak kepanitiaan dan hal - hal lain terus lu ngasih performance yang bagus, lu bakalan punya banyak temen. Kalo gak, ya bakalan banyak orang yang tau lu gimana. Kalo lu ikut seperlunya, akademis lu bakalan lebih mudah dikontrol tapi mungkin lu harus berusaha lebih buat punya banyak teman dan kenalan. Tapi sekali lagi, sesuaikan dengan kebutuhan aja. Dapetin temen tools nya gak cuman kepanitiaan di kampus ato organisasi kampus kok.

LAST. Lo bakalan mengalami beberapa masalah pengaturan waktu (HALAH BIASA BANGET). Gapapa ini cuman biar tulisan gue panjang ae. Intinya, kuliah gak usah maksain diri. Bawa santai. Sesuaikan sama diri lu :) Kalo kuliah lu gak sesuai sama diri lu, mana bisa lu compete sama dunia yang keras ini #EAA karena dunia ini semuanya masalah kompetisi :) Gak usah iri liat orang berhasil di bidang tertentu karena "keberhasilan" itu kata yang kita definisiin sendiri. Kompetisi kita yang jalani dan kita jalani buat dapet apa yang kita inginin kan? Okey, semangat kuliah!!!!

Spec note : Jangan lupa baca part 1

Komentar

Postingan Populer